Rancang Bangun Aplikasi E-Marketplace Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah Sebagai Media Promosi

  • Hengki Juliansa, Ahmadi STMIK BNJ Lubuklinggau
Keywords: UMKM, E-Marketplace, Aplikasi

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau yang lebih dikenal dengan istilah UMKM adalah suatu badan usaha yang tidak memiliki kaitan dengan perusahaan tertentu. UMKM berkembang dengan sangat pesat dan memiliki peranan penting bagi perekenomian. Kendala utama yang di hadapi pelaku UMKM adalah sulitnya melakukan promosi produk secara luas dan hal ini terjadi hampir diseluruh UMKM. Dengan belum adanya suatu sistem aplikasi e-marketplace yang ada, maka penelitian ini melakukan pengembangan sistem e-Marketplace berbasis web sebagai media promosi produk UMKM. Metode analisis yang digunkan dalam pengembangan sistem ini menggunakan metode waterfall dan Bahasa Pemodelan system yang digunakan adalah Data flow diagram (DFD). Hasil dari penelitian ini berupa sistem e-Marketplace berbasis web yang dapat digunakan oleh pelaku UMKM untuk melakukan pemasaran atau promisi produknya.

References

[1] A. Halim, “Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju,” J. Ilm. Ekon. Pembang., vol. 1, no. 2, pp. 157–172, 2020, [Online]. Available: https://stiemmamuju.e-journal.id/GJIEP/article/view/39.
[2] P. J. Sirot Naovarat, “Factor that affecting success of E-Marketplace in Thailand,” Int. Conf. Comput. Sci. Inf. Syst., pp. 39–42, 2015.
[3] K. J. Baso, Y. D. Y. Rindengan, and R. Sengkey, “Perancangan Aplikasi Catering Berbasis Mobile,” J. Tek. Elektro dan Komput., vol. 9, no. 2, pp. 81–90, 2020.
[4] D. Karmila and D. Rusda, “E-Marketplace Penjualan Dan Pemasaran Barang Furniture Pada Toko Mebel Menggunakan Php Dan Mysql Server,” J. Penelit. Dosen Fikom, vol. 10, no. 1, 2019.
[5] Syafiul Hamidani, Endang Etriyanti, “Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Kota Lubuklinggau Berbasis Website,” J. Ilm. Bin. STMIK Bina Nusant. Jaya Lubuklinggau, vol. 3, no. 2, pp. 61–67, 2022, doi: 10.52303/jb.v3i2.55.
[6] Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun, “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008,” no. 1, 2008.
[7] Syukri Ali. A Ambarita, “Information System of Inventory Goods Web-Based on the,” Indones. J. Inf. Syst. Sist., vol. 1, no. April 2016, pp. 31–38, 2016.
[8] R. A. S. M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Informatika Bandung, 2014.
[9] I. A. RIDLO, Panduan Pembuatan Flowchat. 2017.
[10] G. W. Sasmito, “Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal,” J. Inform. Pengemb. IT, vol. 2, no. 1, pp. 6–12, 2017.
Published
2022-10-25