Perancangan Antarmuka Pengguna untuk Kreator dalam Platform Donasi Konten Kreator

  • Muhammad Akbar Rezkila Kohar Universitas Bina Darma
  • Ahmad Syazili
Keywords: Donasi, User Interface, user experience, aplikasi, Konten Kreator

Abstract

Perkembangan internet telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pekerjaan, terutama bagi konten kreator yang memanfaatkan platform digital untuk berbagi karya mereka. Namun, banyak konten kreator menghadapi tantangan keuangan karena sulitnya memonetisasi konten secara efektif, meskipun memiliki banyak pengikut. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi FanFunds, yang memungkinkan penggemar memberikan dukungan finansial langsung kepada konten kreator. Perancangan aplikasi ini diharapkan dapat memberikan solusi bagi kreator untuk mengurangi ketergantungan pada pendapatan iklan dan kerjasama merek yang tidak stabil. Hasil dari penelitian ini akan menjadi dasar pengembangan aplikasi mobile yang membantu konten kreator mencapai stabilitas finansial dan terus menghasilkan konten berkualitas.

References

D. J. Febiansah, S. Syueb, S. A. Sufa, and E. Ratnasari, “STUDI KASUS PERSONAL BRANDING KONTEN KREATOR PADA AKUN TWITTER @BROJABROOO,” WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, Jun. 2020, [Online]. Available: http://journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana

N. Fauziah, F. Darmawan, W. Gusdya, J. Setiabudhi no, and J. Barat, “Integrasi Payment Gateway Untuk Donasi Menggunakan Framework Flutter (Studi Kasus Donasi HMTIF UNPAS),” 2022. [Online]. Available: https://journal.unpas.ac.id/index.php/pasinformatik

M. Anwar, A. Ratnasari, Y. Wicaksono, and R. Nur Rachman Dzakiyullah, “PENERAPAN METODE DESIGN THINKING DALAM PERANCANGAN USER INTERFACE (UI) DAN USER EXPERIENCE (UX) APLIKASI WAWANCARA DARING NARASOURCE,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 3S1, Oct. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3S1.4922.

M. Reza, P. Korespondensi, D. Pasha, and Q. J. Adrian, “Perancangan User Experience Aplikasi Bus Antar Kota Menggunakan Metode Design Thinking,” Journal of Artificial Intelligence and Technology Information (JAITI), vol. 1, no. 3, 2023, doi: 10.58602/jaiti.v1i3.62.

Hengki Juliansa, Ahmadi, “Rancang Bangun Aplikasi E-Marketplace Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah Sebagai Media Promosi,” Jurnal Ilmiah Binary STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuklinggau, vol. 4, no. 2, pp. 73–79, Oct. 2022, doi: 10.52303/jb.v4i2.73.

H. Herfandi, Y. Yuliadi, M. T. A. Zaen, F. Hamdani, and A. M. Safira, “Penerapan Metode Design Thinking Dalam Pengembangan UI dan UX,” Building of Informatics, Technology and Science (BITS), vol. 4, no. 1, Jun. 2022, doi: 10.47065/bits.v4i1.1716.

M. F. Ardiansyah and P. Rosyani, “Perancangan UI/UX Aplikasi Pengolahan Limbah Anorganik Menggunakan Metode Design Thinking,” LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan, no. 4, pp. 839–853, Jun. 2023, [Online]. Available: https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic

R. N. Fadilah and D. Sweetania, “PERANCANGAN DESIGN PROTOTYPE UI/UX APLIKASI RESERVASI RESTORAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” JUIT, vol. 2, no. 2, May 2023.

P. Dharmawan, N. Adha, and O. Saputri, “Perancangan User Interface dan User Experience Pada Website Employee Benefit PasarPolis Menggunakan Metode Design Thinking,” KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 4, no. 2, pp. 757–769, 2023, doi: 10.30865/klik.v4i2.1220.

V. K. Reynaldi and N. Setiyawati, “PERANCANGAN UI/UX FITUR MENTOR ON DEMAND MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING PADA PLATFORM PENDIDIKAN TEKNOLOGI,” JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), pp. 835–849, Sep. 2022.

B. Kurniawan and M.Romzi, “PERANCANGAN UI/UX APLIKASI MANAJEMEN PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MENGGUNAKAN APLIKASI FIGMA,” JSIM: Jurnal Sistem Informasi Mahakarya, vol. 05, no. 1, pp. 1–7, Jun. 2022.

M. F. Widiyantoro, N. Heryana, A. Voutama, and N. Sulistiyowati, “Perancangan UI / UX Aplikasi Toko Kue Dengan Metode Design Thinking,” INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS, vol. 7, no. 1, pp. 1–10, Dec. 2022.

R. B. Fahrezi, “Redesign UI/UX Website of Professional Certification Institute Using Design Thinking Method and Agile Framework REDESIGN UI/UX WEBSITE OF PROFESSIONAL CERTIFICATION INSTITUTE USING DESIGN THINKING METHOD AND AGILE FRAMEWORK,” Journal of Universal Studies, vol. 4, no. 12, pp. 11841–11855, 2024, [Online]. Available: http://eduvest.greenvest.co.id

Published
2025-04-12