Analisa Faktor – Faktor Shopping Cart Abandonment pada Aplikasi E-Commerce
Factors Analysis of Shopping Cart Abandonment in E-Commerce Applications
Abstract
E-commerce merupakan inovasi yang sudah lama ada dalam dunia bisnis dan sering dipakai oleh masyarakat internasional, dimana e-commerce ini khususnya model marketplace merupakan sebuah platform yang menyediakan sarana tempat bertemunya penjual dan pembeli. Akan tetapi, e-commerce model marketplace di Indonesia baru terlihat pertumbuhan pada tahun 2015. Dengan adanya pertumbuhan ini, terlihat sebuah tren pada fitur yang sudah diimplementasikan pada aplikasi e-commerce yaitu fitur shopping cart dengan tren shopping cart abandonment. Penelitian ini dibuat bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa apa saja faktor-faktor yang menyebabkan shopping cart abandonment khususnya pada aplikasi e-commerce di indonesia. Metode Penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data dengan kuesioner dan pengolahan data dengan SmartPLS 3.3.3. Variabel yang peneliti gunakan pada penelitian ini antara lain entertaiment value (EV), research and organizational tools (RE), price awareness (PA), discount (DC), dan shopping cart abandonment (SCA). Data dikumpulkan dengan cara melakukan penyebaran kuesioner, setelah hasil dari kuesioner terkumpul data dianalisa menggunakan teknik SEM-PLS. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah EV terhadap SCA, EV terhadap RE, RE terhadap DC, PA terhadap RE, dan PA terhadap DC memiliki pengaruh yang signifikan, sedangkan RE terhadap SCA dan DC terhadap SCA memilik pengaruh yang tidak signifikan.