Aplikasi Loka Pasar Medan Creative Market Terintegrasi Dengan Midtrans Payment Gateway Di Dinas Pariwisata Kota Medan

  • M Taufiq Rachman Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ilka Zufria
  • Raissa Amanda Putri

Abstract

Ekonomi kereatif adalah salah satu bidang di Dinas Pariwisata kota Medan. Medan Creative Market adalah salah satu program kerja bidang ekonomi kreatif Medan Creative Market merupakan sarana yang menyediakan ragam produk yang memfokuskan sub sektor ekonomi kreatif, saat ini Medan Creative Market masih menggunakan sistem transaksi yang masih menggunakan facebook sebagai basis yang mempertemukan penjual dan pembeli. Sistem yang seperti itu kurang efisien karena informasi tentang produk yang didapat kurang lengkap serta metode pembayaran yang masih bergantung kepada kesepakatan bersama. Dengan adanya aplikasi marketplace berbasis website diharapkan dapat membantu para pelaku ekonomi kreatif di kota Medan memasarkan produknya. Hasil penelitian menunjukkan sebuah aplikasi lokapasar Medan creative market berbasis website yang terintegrasi dengan payment gateway midtrans sehingga diharapkan dapat membantu pengguna untuk mengakses informasi mengenai produk yang dijual dan melakukan transaksi di Medan Creative Market.

Kata kunci: Ekonomi Kreatif, Marketplace, Midtrans Payment Gateway

References

[1] Arjana, I. G. B. (2016). Geografi pariwisata dan
ekonomi kreatif (1st ed.). Rajawali Pers.
[2] Febriyanto, E., & Rahardja, U. (2018).
Penerapan Midtrans sebagai Sistem Verifikasi Pembayaran pada Website iPanda. Jurnal Informatika Upgris, 4(2).
[3] Ferdiansyah, M., & Hidayat, S. (2020).
Membangun Aplikasi Pemasaran Produk Untuk Meningkatkan Potensi Daerah Pada Kecamatan Negerikaton Kabupaten Pesawaran. Jurnal ONESISMIK, 4(1), 17–29.
[4] Saputra. (2020). Perkembangan Teknologi
Informasi di Indonesia Menghadapi Industri 5.0. Jakad Media Publishing.
[5] Rerung, R. R. (2018). Pemrograman Web
Dasar. Deepublish.
[6] Aditya, W. (2021). Sila Ke-6 Kreatif Sampai
Mati: Edisi Pemutakhiran. Bentang Pustaka.
[7] Muis, A. R. C. (2019). Sustainable Competitive
Advantage Ekonomi Kreatif Indonesia Dalam Dinamika Perdagangan Internasional. Deepublish.
[8] Setiawati, T., & Karpin. (2018). Produk Kreatif
dan Kewirausahaan. Jakad Media Publishing.
[9] Rahayu, R. A., Kertahadi, K., & Al Musadieq,
M. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan E Commerce Oleh Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm)(Survei Pada Umkm yang Terdaftar Di Kamar Dagang Dan Industri/Kadin Kota Malang). PROFIT: JURNAL ADMINISTRASI BISNIS, 6(2).
[10] Putra, R. (2020). Pembayaran Payment
Gateway Untuk Pemesanan Outbond Di Desa Wisata Garongan Yogyakarta Berbasis Web. University of Technology Yogyakarta.
[11] Arsa, M.F. Buku Belajar WordPress Dari Dasar
Hingga Mahir. (2021): CV Jejak (Jejak Publisher).
[12] Fadilah, S. C., Rianto, H., & Hartati, T. (2020).
Implementasi Framework Code Iginter Menggunakan Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Penjualan Pt. Supreme Jaya Abadi. Journal of Information System, Informatics and Computing, 4(1), 134–140.
[13] Hengki Juliansa, A. (2022). Rancang Bangun
Aplikasi E-Marketplace Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah Sebagai Media Promosi. Jurnal Ilmiah Binary STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuklinggau, 4(2), 73-79.
Published
2023-04-05