SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BANGUNAN MENGGUNAKAN METODE WEIGHT PRODUCT PADA PT. CIPTA ARSIGRIYA

  • Agnes Mareta, Arie Yandi Saputra STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuklinggau
Keywords: Weight Procuct, SPK, Bahan Bangunan

Abstract

Pemilihan supplier merupakan salah satu hal yang penting dalam aktivitas pembelian bagi perusahaan, karena pemilihan supplier ini sangat berpengaruh pada kualitas dan ketersediaan suatu produk. Tujuan utama proses pemilihan supplier adalah untuk menentukan supplier yang memiliki efisiensi dalam memenuhi kebutuhan perusahaan secara konsisten dan meminimasi resiko yang berkaitan dengan pengadaan bahan baku maupun komponen. Oleh karena itu perusahaan harus memilih supplier dengan cermat dan tepat agar tidak merugikan perusahaan di masa yang akandating.Pemilihan supplier pada PT Cipta Arsigriya dilakukan oleh bagian purchasing dengan menindaklanjuti penawaran kerjasama dari supplier yang ditujukan kepada perusahaan. Dikarenakan untuk mempersingkat waktu proses pemilihan supplier selama ini hanya berdasarkan harga terendah dan metode pembayaran saja sehingga faktor-faktor lain menjadi terabaikan. Pengabaian faktor-faktor lain ini menyebabkan sering terjadi kendala khususnya dalam proses pembangunan hunian pada perusahaan.

 

 

Author Biography

Agnes Mareta, Arie Yandi Saputra, STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuklinggau

 

 

References

[1] A. Revi, I. Parlina, and S. Wardani, “Analisis Perhitungan Metode MOORA dalam Pemilihan Supplier Bahan Bangunan di Toko Megah Gracindo Jaya,” InfoTekJar (Jurnal Nas. Inform. dan Teknol. Jaringan), vol. 3, no. 1, pp. 95–99, 2018.
[2] S. Manurung, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Dan Pegawai Terbaik Menggunakan Metode Moora,” J. SIMETRIS, vol. 9, no. 1, pp. 701–706, 2018.
[3] V. Listyaningsih, H. Setiawan, E. Sudrajat, and R. P. Kristianto, “DSS Pemilihan Penerima Bantuan Perbaikan Rumah dengan Metode Weight Product (WP),” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed., no. October 2017, pp. 6–7, 2016.
[4] S. Y. Hutagalung, F. Pratiwi, and I. Wijaya, “Penerapan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment ( WASPAS ) Dalam Keputusan Penerimaan Beasiswa,” pp. 148–151, 2018.
[5] A. Y. Saputra, Y. Primadasa, P. Sisteminformasi, and K. T. Pengajar, “Penerapan Metode Moora Dalam Pemilihan Sekolah Dasar,” SISTEMASI, vol. 8, pp. 305–312, 2019.
[6] Y. Primadasa and V. Amalia, “Penerapan Metode Multi Factor Evaluation Process untuk Pemilihan Tanaman Pangan di Kabupaten Musi Rawas,” J. Sisfo, vol. 07, no. 01, pp. 47–58, 2017.
[7] S. Barus, V. M. Sitorus, D. Napitupulu, M. Mesran, and S. Supiyandi, “Sistem Pendukung Keputusan Pengangkatan Guru Tetap Menerapkan Metode Weight Aggregated Sum Product Assesment ( WASPAS ),” Media Inform. Budidarma, vol. 2, no. 2, pp. 10–15, 2018.
[8] F. Wikipedia, “Weighted product model,” no. Mcdm, pp. 4–6, 2017.
[9] Zulkifli, “Rancangan Bangun Website E-Learning Dengan Pemodelan UML,” Intecoms J. Inrmation Technol. anda Comput. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 430–439, 2018
Published
2020-10-28