Sistem Pakar Diagnosa Tanaman Singkong dengan metode Breadth First search (BFS) berbasis website

  • Risnaini Musdalipa Institut Teknologi Pagar Alam
  • Debi Gusmaliza Institut Teknologi Pagar Alam
Keywords: Sistem Pakar, Singkong, Breadth First Search (BFS)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sebuah sistem pakar untuk mendiagnosis penyakit singkong menggunakan metode Breadth First Search (BFS) pada Website Dinas Pertanian Kota Pagar Alam. Pada Dinas Pertanian ditemukan permasalahan yaitu saat ini masyarakat hanya dapat mengandalkan sosialisasi penyuluh lapangan dari dinas pertanian yang ahli di bidangnya, cara mengatasi penyakit yang ada pada tanaman singkong dan cara penanganannya mempermudah proses, perlu adanya sistem yang memudahkan masyarakat untuk melakukan konsultasi secara cepat dan akurat. dan akurat. Metode yang digunakan dalam perancangan ini menggunakan metode Waterfall dengan pengujian black box. Tahapan dalam metode Waterfall adalah Analisis Sistem, Perancangan Sistem, Penulisan Kode Program, Pengujian Program, Implementasi dan Pemeliharaan (maintenace). Hasil dari penelitian ini berupa Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Tanaman Singkong yang dapat membantu  mendiagnosa penyakit melalui gejala yang dialami.

References

Akhmad Isnadi. (2018). Aplikasi Hama Dan Penyakit Tanaman Singkong Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Web. J-Intech Volume 06 Nomor 02, 177.
B.Herawan Hayadi. (2016). Sistem Pakar. Yogyakarta: publisher.
Botutihe, M. H. (2018). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Singkong Menggunakan Metode Case Based Reasoning.
Hamin Sudar, F. S. (2020). sistem pakar diagnosis hama dan penyakit tanaman kopi mengunakan metode breadth first search (bfs) berbasis web. 2087-
Lukman Riyadi, & Samsudin. (2016). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ayam Berbasis Web Menggunakan Metode Forward Chaining. Sistemasi,Volume, Nomor 3, 30.
Marlina, M., Saputra, W., Mulyadi, B., Hayati, B., & Jaroji. (2017). Aplikasi sistem pakar diagnosa penyakit ISPA berbasis Speech recognition Menggunakan metode Naive Bayes Classifier. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi
Murdianingsih, Y., & Utomo, L. T. (2016). Sistem Penentuan kualitas Singkong Untuk Bahan Baku Keripik Dengan Metode Fuzzy Tsukamoto.
Mustaqim, Y. (2017). Sistem Pakar Untuk Diagnosa Penyakit Ubi Kayu Menggunakan Teorema Bayes Berbasis Web.
Rosa A. S., M. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung.
Siswanto. (2010). Sistem Pakar.
Siti Muntari3, A. A. (2017). Sistem Pakar Diagnosa Hama dan Penyakit Tanaman Cabai Di Dinas Pertanian Kota Pagar Alam Menggunakan Framework CodeIgniter. Agus Mardianti, 3.
Suyanto. (2014). Artificial Intelligence. Bandung.
Taufiq, G. (2016). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Kakao Dengan Metode Breadth First Search. Perogresif Vol. 12, No. 1, 1316.
Wahyono, D. (2013). Sistem Pakar Diagnosa ISPA Berbasis Web dengan Metode Forward Chaining. Jurnal TI-STMIK Atma Luhur Pangkalpinang.
Wenda Handayani, M. I. (2017). Case-Based Reasoning (Cbr) Pada Sistem Pakar Identifikasi Hama Penyakit Tanaman Singkong Dalam Usaha Meningkatkan Produktivitas Tanaman Pangan. Vol. 5 No., 41.
Wijaya, E. (2013). Analisis Penggunaaan Algoritma Breadth First Search Dalam Konsep Artificial Intellegencia. Time, Vol.II No 2 :18-26, 19.
Yunita, S., Jasuma, A., Sudir, M., & Kusrini. (2019). Sistem Pakar Deteksi Penyakit Pada Tanaman Singkong .
Published
2022-05-17