Aplikasi Sejarah Pasukan Ciung Wanara Dalam Puputan Margarana Berbasis Multimedia

  • Ketut Gus Oka Ciptahadi, I Putu Nanda Saputra, Rosalia Hadi ITB STIKOM BALI

Abstract

Bali banyak dikenal oleh kalangan wisatawan nusantara maupun mancanegara karena keindahan pariwisata, tradisi, adat dan budayanya. Bali juga memiliki nilai sejarah dalam hal perjuangan merebut kemerdekaan. Perjuangan rakyat Bali melawan penjajahan dikenal dengan nama puputan dan salah satunya yaitu Puputan Margarana. Puputan Margarana terjadi pada tanggal 20 November 1946 di Desa Marga, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan. Peristiwa puputan tersebut menggambarkan sikap anti penjajahan  karena perilaku penjajah yang sangat kejam dan tidak manusiawi. Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, media informasi yang memanfaatkan teknologi lebih efektif dibandingkan hanya mengandalkan buku, karena sebagian besar generasi muda atau siswa malas dan bosan untuk membacanya. Oleh sebab itu maka dibangunlah sebuah aplikasi Pengenalan Sejarah Pasukan Ciung Wanara Dalam Puputan Margarana Berbasis Multimedia. Aplikasi ini dibangun dengan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Hasil dari aplikasi ini yaitu dapat menyampaikan informasi sejarah pasukan Ciung Wanara bagi siswa maupun masyarakat umum.

Kata kunci: Multimedia, Sejarah, Puputan

References

W. Sudarta, 2014, PUPUTAN MARGARAN Pertempuran Terdahsyat pada Masa Revolusi Fisik di Bali, 1st ed, Kampus Universitas Udayana Denpasar: Udayana University Press.

Munir, 2012, Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan, vol. 58, no. 12. Bandung: Alvabeta,CV.

W. Pratama, 2016, “Game Adventure Misteri Kotak Pandora,” J. Telemat., vol. 7, no. 2, pp. 13–31.

I. G. A. Kristianingrat and I. W. Kertih, “Menggali Nilai-Nilai Kepahlawanan I Gusti,” vol. 3, no. 2, pp. 103–110, 2019.

W. T. Atmojo, F. F. Nurwidya, and E. Dazki, “Media Pembelajaran Pengenalan Keragaman Budaya Indonesia Dengan Metode Multimedia Development Life Cycle,” Semin. Nas. APTIKOM, pp. 126–134, 2019.

I. B. S. I Gusti Nyoman Oka Wirya Dana, Ketut Gus Oka Ciptahadi, “Aplikasi Multimedia Interaktif Pengenalan Sejarah Kawitan Arya Wang Bang Pinatih,” Semin. Nas. Inform., 2021.

W. Sudarta, PUPUTAN MARGARAN Pertempuran Terdahsyat pada Masa Revolusi Fisik di Bali. 2014.

H. Surjono, Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan, Pertama. Yogyakarta: UNY Press, 2017.

M. S. Dewi, “PENGGUNAAN APLIKASI ADOBE PHOTOSHOP DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN EDITING FOTO BAGI ANAK TUNARUNGU,” J. Ilm. Pendidik. Khusus, vol. 01, no. 1, pp. 260–270, 2012.

Syafiul Hamidani and Endang Etriyanti, “Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Kota Lubuklinggau Berbasis Website,” J. Ilm. Binary, vol. 3, 2021

Published
2022-05-10