IMPLEMENTASI METODE APRIORI PADA DATA MINING UNTUK POLA PEMBELIAN BARANG

  • Calvin Andrew Suwandi, Robi Yanto, Deni Apriadi BNJ
Keywords: Lembaran kertas, Data Mining, Pola Pembelian Barang

Abstract

Pada kegiatanya Toko Matahari ini melakukan proses jual beli mainan dengan berbagai macam bentuk dan ukuran. Banyak nya Transaksi Penjualan setiap hari memiliki banyak data penjualan sehingga jika dibiarkan akan semakin banyak, apalagi transaksi penjualan tersebut hanya dibiarkan saja. Dengan dukungan perkembangan teknologi sepanjang masa, maka semakin maju pula kemampuan mengumpulkan dan mengolah data. Pemanfaatan informasi dan pengetahuan di dalam banyaknya data transaksi data penjualan tersebut sehingga disebut sebagai data mining. Data-data transaksi tersebut tidak hanya dijadikan arsip bagi perusahaan, data tersebut  juga dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi informasi yang berguna untuk peningkatan penjualan dan memperbaiki posisi tata letak barang suatu toko. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah menggunakan metode Apriori. Pembangunan data mining ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan studi pustaka. Metode pengembangan sistemnya waterfall. Model perancangan menggunakan DFD dan ERD. Teknik pengujian sistem menggunakan teknik acceptance testing. Teknik penggunaan sampel yaitu menggunakan metode Systematic Random Sampling dalam kurun waktu tiga tahun terhitung mulai dari 2018-2020. Hasil penelitian yaitu Implementasi Metode Apriori pada Data Mining untuk Pola Pembelian Barang pada Toko Matahari Kota Lubuklinggau, aplikasi dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan database MySQL dengan untuk pengembangan peningkatkan penjualan dan memudahkan posisi tata letak antar barang.

References

Purnia, D. S. & Warnilah, A. I., 2017. Implementasi Data Mining Pada Penjualan Kacamata Menggunakan Algoritma Apriori. IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology), 2(2), pp. 31-39.
Sari, R., 2018. IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI PADA DATA MINING UNTUK POLA PEMINJAMAN BUKU DI PERPUSTAKAAN UIN RADEN FATAH PALEMBANG, Palembang: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.
Sikumbang, E. D., 2018. Penerapan Data Mining Penjualan Sepatu. Komputerisasi Akuntansi, 4(1), pp. 156-161.
Syahdan, S. A. & Sindar, A., 2018. Data Mining Penjualan Produk Dengan Metode Apriori. Jurnal Nasional Komputasi & Teknologi Informasi, 1(2), pp. 56-63.
Bilqisth, S. C. & Astuti, S., 2015. ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN DENGAN ALGORITMA APRIORI PADA INDOMARET INDRAPRASTA SEMARANG. pp. 1-10.
Metisen, B. M. & Sari, H. L., 2015. ANALISIS CLUSTERING MENGGUNAKAN METODE K-MEANS. Jurnal Media Infotama, 11(2), pp. 110-118.
Widodo, M., 2016. Data Mining Penjualan Barang Bengkel Menggunakan Metode Apriori. Jurnal Media Infotama, 11(2), pp. 54-60.
Munthe, R., Santosa, P. I. & Ferdiana, R., 2015. Usulan Metode Evaluasi User Acceptance Testing (UAT) dalam Pengembangan Perangkat Lunak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika, pp. 159-162.


Firman, A., Wowor, H. F. & Najoan, X., 2016. Sistem Informasi Perpustakaan Online Berbasis Web. E-journal Teknik Elektro dan Komputer, 5(2), pp. 29-36.
Mulyono, H., 2016. SISTEM INFORMASI PENJUALAN ALAT-ALAT MUSIK PADA TOKO GALERI MUSIK VIONA LUBUKLINGGAU BERBASIS WEB. JTI, 8(2), pp. 38-48.
Published
2021-04-26