PERBANDINGAN METODE SAW DAN WP PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM KASUS PEMILIHAN KEGIATAN EKSTRAKULIKULER

  • Dedek Cahyati Panjaitan, Hengki Juliansa, Robi Yanto Affiliation
Keywords: Ekstrakulikule, SPK, SAW, WP, Uji Sensitivitas.

Abstract

Model MADM (Multi-Attribute Decision Making) sudah banyak digunakan oleh pengambil keputusan untuk membantu penyelesaian permasalahan pengambilan keputusan. Ada begitu banyak metode yang dapat digunakan dalam model MADM seperti metode Simple Additive Weighting (SAW) dan Weighted Product (WP). Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana memecahkan sebuah kasus pemilihan kegiatan ekstrakulikuler di SMPN 28 Sarolangun yang menggunakan metode berbeda untuk menemukan metode yang paling relevan atau sesuai antara metode SAW dan WP. Oleh karena itu, untuk mengetahui metode yang paling relevan perlu dilakukan uji sensitivitas dengan melakukan perubahan bobot setiap kriteria dari masing-masing metode yang kemudian akan dilihat perubahan persentase dari kedua metode tersebut. Dari hasil penelitian menggunakan metode SAW nilai preferensi tertinggi 18,8 untuk alternatif satu (A1), dengan urutan alternatif yang memiliki nilai preferensi dari tinggi ke rendah yaitu A1, A3, A2, A4. Sedangkan untuk metode WP alternatif satu (A1) merupakan yang memiliki nilai preferensi tertinggi yaitu sebesar 0,301. Urutan alternatif metode WP adalah A1, A3, A2, A4. Dan hasil uji sensitivitas pada metode SAW memiliki total perubahan sebesar 8,4% dan metode WP sebesar 0,027%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode SAW dianggap relevan dalam menyelesaikan permasalahan pemilihan kegiatan ekstrakulikuler.

References

Amelia, S., dan Prianto, C., 2019, Uji Kinerja Metode Weighted Product Dan Simple Additive Weighting Dalam Proses Penentuan Artikel Media Informasi Internal Di PT POS Indonesia (PERSERO), Jutekin, vol. 7, no. 2, pp. 1-10.

Lasmintayu, I., dan Falani, A. Z., 2017, Sistem Pendukung Keputusan Untuk Memilih Ekstrakulikuler Di SDN Kaliasin VI-285 Surabaya Dengan Menggunakan Metode Rule Based System, Jurnal Link, vol. 26, no. 1, pp. 13-17.

Irawan, Y., Herianto., dan Simamora, S. O., 2019, Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Kegiatan Ekstrakulikuler Berdasarkan Bakat Dan Minat Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting), JTIM : Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia, vol. 1, no. 3, pp. 198-205.

Gani, A., Kridalaksana, A. H., dan Arifin, Z., 2019, Analisis Perbandingan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Dan Weight Product (WP) Dalam Pemilihan Kamera Mirrorless, Informatika Mulawarmaan : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, vol. 14, no.2, pp. 105-165.

Susliansyah., Aria, R. R., dan Susilowati, S., 2019, Sistem Pemilihan Leptop Terbaik Dengan Menggunakan Metode Weight Product (WP), Jurnal TECHNO Nusa Mandiri, vol. 16, no.1, pp. 15-20.

Khasanah, F. N., dan Stiyadi, D., 2019, Uji Sensitivitas Simple Additive Weighting Dan Weight Product Dalam Menentukan Leptop, Bina Insani ICT Journal, vol 6, no. 2, pp. 165-174.

A.S., R. and M. Shalahuddin, 2018, Rekaya Perangkat Lunak terstuktur dan berorientasi objek, Informatika :Bandung.

Hafidz, M. A., Wicaksono, S. A., Brata, A. H., 2018, Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Mobil Unit Donor Darah (Studi Kasus : Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Malang), Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 12, pp. 7242-7250.

Setiawan H., Aziz, 2015, Perancangan Mail Server Internet Berbasis Web Base dengan Optimalisasi Operasi Sistem Client, Jurnal Komputer AMIK BSI, vol 1, no. 1, pp. 1-10.

Yuarita, T. G., dan Marisa, F., 2016, Perancang Aplikasi Point Of Sale (POS) Berbasis Web Menggunakan Metode Siklus Hidup Pengembangan Sistem, Jurnal Teknologi dan mnajemen Informatika, vol 3, no. 2, pp. 167-171.

Sukrianto, D., 2017, Penerapan Teknologi Barcode Pada Pengolahan Data Pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP), Jurnal Intra-Tech, vol. 1, no. 2, pp 18-27.

Published
2021-04-29