SISTEM INFORMASI PARIWISATA DAN KULINER (SIPAKU) BERBASIS WEB GIS DI TEGAL
Abstract
Pariwisata merupakan bagian dari kehidupan masyarakat untuk mengisi hari libur pariwisata juga memiliki arti berbagai macam tempat wisata yang dilengkapid dengan berbagai fasilitas dan layanan baik yang disediakan oleh masyarakat, pengusaha, pemerintah dan pemerintah daerah. Informasi tentang lokasi wisata dan kuliner tentunya haruslah memadai. Kurangnya informasi tentang titik lokasi wisata dan kuliner membuat wisatawan yang berkunjung ke suatu kota akan kesulitan untuk menemukannya. Tegal merupakan salah satu kota di jawa tenagh yang banyak dikunjungi wisatawan karena memiliki letak georgrafis yang cukup strategis yang dilalui jalan utama di pulau jawa yaitu jalan panttura. Dengan semakin majunya perkembangan pada era sekarang yang serba digital dibutuhkannya sistem informasi yang mendukung untuk memberikan pelayanan yang baik. Untuk itulah penulis mencoba membuat mengenai Sistem Informasi Pariwisata dan Kuliner di Tegal. Perancangan Sistem Informasi Pariwisata dan Kuliner di Tegal memberikan informasi kepada wisatawan dengan menggunakan web browser, web browser akan menampilkan titik lokasi yang bisa dijadikan sebagai lokasi yang bisa dikunjungi dan juga adanya pencarian rute lokasi sehingga mempermudah proses pencarian lokasi.
References
Anggoro, dkk, 2015, Rancangan Bangun Sistem Informasi Simpan
Pinjam Guru dan Pegawai pada Koperasi SMK Manggala
Tangerang. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan
Komunikasi. pp.213-222.
Samsara, L., 2013, Inovasi Pelayanan Paspor di Kantor Imigrasi (
Studi Tentang Peningkatan Kualitas Pelayanan Surat Perjalanan
Republik Indonesia di Kantor Imigrasi Klas I Khusus Surabaya ),
(1), pp.6-15
Maulady, J. J., Damayani, N. A. dan Rodiah, S., 2017, Analisis
Tingkat Kualitas Jasa Layanan Di Perpustakaan dan Pusat
Informasi Ilmiah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas
Padjasjaran, Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan, 2(1).
Pp.17-26
Pramana, K., & Putra, D.,2019 ,Merancang Penilaian Autentik.
Bali : CV Media Educations.
Pratiwi Henny, 2016, Buku Ajar Sistem Pendukung Keputusan,
Samarinda : Depublish.
Relawan, N. dan Rahareng, V., 2017, The Influence Of The
Academic Service Quality Toward Student Satisfaction. Jurnal
AdBispreneur, 2(2), pp.125-133.
Rosa A.S and M. Shalahuddin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak.
Bandung : Informatika bandung.
Wahyudi., Ruliah & Yudihartanti., Y., 2016, Analisa Tingkat
Kualitas Pelayanan Diklat Prajabatan BKD Banjarbaru
Menggunakan Metode Servqual. Jutisi, 5(3).
Widaryono, 2016, Kualitas Layanan Perpustakaan SMK-PP Negeri
Kupang Dalam Perspektif Libqual. Jurnal perpustakaan
pertanian. Pp.55-62.
Yanto, Robi. 2016. Manajemen Basis Data Menggunakan
MySQL. CV Budi Utama.
G. Wijaya, Hendri, Y. I. Maulana, and A. Haidir,
“PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
JASA PENGIRIMAN BARANG BERBASIS
WEB DENGAN METODE WATERFALL,”
SNIPTEK, pp. 129–130, 2014.
Yunita, Maruloh, and A. N. . Saputri, “Rancang
Bangun E-Library pada SMAN 1 Pagerbarang
Tegal,” Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan
Komputer), vol. 7, no. 1, pp. 16–21, Mar. 2018.
R. Hidayat, “Aplikasi Penjualan Jam Tangan
Secara Online Studi Kasus: Toko
JAMBORESHOP,” Jurnal Teknik Komputer,
vol. 3, p. 93, 2017.
M. Lestari, M. Tabrani, and S. Ayumida,
“SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN
DATA ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN
PADA KANTOR DESA PUCUNG
KARAWANG,” Jurnal Interkom, vol. 13, p. 16,