SISTEM INFORMASI PARIWISATA DAN KULINER (SIPAKU) BERBASIS WEB GIS DI TEGAL

  • Angga Ardiansyah, Suleman, Sandra J Karyanti, Rezha Tama Marlantika STMIK Nusa Mandiri Jakarta
Keywords: Perancangan Sistem Informasi, Sistem Informasi Geografis, Wisata dan Kuliner Tegal

Abstract

Pariwisata merupakan bagian dari kehidupan masyarakat untuk mengisi hari libur pariwisata juga memiliki arti berbagai macam tempat wisata yang dilengkapid dengan berbagai fasilitas dan layanan baik yang disediakan oleh masyarakat, pengusaha, pemerintah dan pemerintah daerah. Informasi tentang lokasi wisata dan kuliner tentunya haruslah memadai. Kurangnya informasi tentang titik  lokasi wisata dan kuliner membuat wisatawan yang berkunjung ke suatu kota akan kesulitan untuk menemukannya. Tegal merupakan salah satu kota di jawa tenagh yang banyak dikunjungi wisatawan karena memiliki letak georgrafis yang cukup strategis yang dilalui jalan utama di pulau jawa yaitu jalan panttura. Dengan semakin majunya perkembangan pada era sekarang yang serba digital dibutuhkannya sistem informasi yang mendukung untuk memberikan pelayanan yang baik. Untuk itulah penulis mencoba membuat mengenai Sistem Informasi Pariwisata dan Kuliner di Tegal. Perancangan Sistem Informasi Pariwisata dan Kuliner di Tegal memberikan informasi kepada wisatawan dengan menggunakan web browser, web browser akan menampilkan titik lokasi yang bisa dijadikan sebagai lokasi yang bisa dikunjungi dan juga adanya pencarian rute lokasi sehingga mempermudah proses pencarian lokasi.

References

Anggoro, dkk, 2015, Rancangan Bangun Sistem Informasi Simpan

Pinjam Guru dan Pegawai pada Koperasi SMK Manggala

Tangerang. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan

Komunikasi. pp.213-222.

Samsara, L., 2013, Inovasi Pelayanan Paspor di Kantor Imigrasi (

Studi Tentang Peningkatan Kualitas Pelayanan Surat Perjalanan

Republik Indonesia di Kantor Imigrasi Klas I Khusus Surabaya ),

(1), pp.6-15

Maulady, J. J., Damayani, N. A. dan Rodiah, S., 2017, Analisis

Tingkat Kualitas Jasa Layanan Di Perpustakaan dan Pusat

Informasi Ilmiah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas

Padjasjaran, Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan, 2(1).

Pp.17-26

Pramana, K., & Putra, D.,2019 ,Merancang Penilaian Autentik.

Bali : CV Media Educations.

Pratiwi Henny, 2016, Buku Ajar Sistem Pendukung Keputusan,

Samarinda : Depublish.

Relawan, N. dan Rahareng, V., 2017, The Influence Of The

Academic Service Quality Toward Student Satisfaction. Jurnal

AdBispreneur, 2(2), pp.125-133.

Rosa A.S and M. Shalahuddin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak.

Bandung : Informatika bandung.

Wahyudi., Ruliah & Yudihartanti., Y., 2016, Analisa Tingkat

Kualitas Pelayanan Diklat Prajabatan BKD Banjarbaru

Menggunakan Metode Servqual. Jutisi, 5(3).

Widaryono, 2016, Kualitas Layanan Perpustakaan SMK-PP Negeri

Kupang Dalam Perspektif Libqual. Jurnal perpustakaan

pertanian. Pp.55-62.

Yanto, Robi. 2016. Manajemen Basis Data Menggunakan

MySQL. CV Budi Utama.

G. Wijaya, Hendri, Y. I. Maulana, and A. Haidir,

“PERANCANGAN SISTEM INFORMASI

JASA PENGIRIMAN BARANG BERBASIS

WEB DENGAN METODE WATERFALL,”

SNIPTEK, pp. 129–130, 2014.

Yunita, Maruloh, and A. N. . Saputri, “Rancang

Bangun E-Library pada SMAN 1 Pagerbarang

Tegal,” Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan

Komputer), vol. 7, no. 1, pp. 16–21, Mar. 2018.

R. Hidayat, “Aplikasi Penjualan Jam Tangan

Secara Online Studi Kasus: Toko

JAMBORESHOP,” Jurnal Teknik Komputer,

vol. 3, p. 93, 2017.

M. Lestari, M. Tabrani, and S. Ayumida,

“SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN

DATA ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

PADA KANTOR DESA PUCUNG

KARAWANG,” Jurnal Interkom, vol. 13, p. 16,

Published
2020-04-13