SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN BEASISWA KURANG MAMPU DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

  • Asep Syaputra Sekolah Tinggi Teknologi Pagaralam
Keywords: Kriteria, Simple Additive Weighting (SAW), SPK

Abstract

Di berbagai lembaga pendidikan, khususnya sekolah sangat banyak beasiswa yang di tunjukan kepada siswa, baik yang berprestasi maupun yang kurang mampu, beasiswa di tunjukan untuk membantu meringankan beban biaya sekolah bagi siswa yang mendapatkannya, di SMA Muhammadiyah Jarai mengadakan perogram beasiswa kurang mampu untuk siswa dengan memenuhi keriteria-keriteria yang telah ditetapkan oleh sekolah, seperti pekerjaan orang tua, penghasilan orang tua, tanggungan keluarga dari orang tua, nilai raport, keperibadian siswa. Dalam peroses pemilihan siswa untuk  beasiswa ini dibutukan sebuah sistem yang akan mempercepat pihak sekolah dalam menyeleksi siswa. Maka dari itu Sistem Pendukung Keputusan dengan metode simpele additive weighting (SAW), metode ini  adalah salah satu metode yang dapat digunakan untuk mencari raiting kinerja setiap alternatif di semua atribut, riset dilakukan dengan mendefinisikan terlebih dahulu keriteria-keriteria yang akan dijadikan sebagai tolak ukur penyelesaian masalah, dan menormalisasikan  alternatif pada setiap atribut cara menilai raiting kinerja lalu menghitung nilai bobot perefrensi pada alternatif dan melakukan perangkingan yang akan menemukan alternatif terbaik dalam pemilihan penerima beasiswa. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem yang dapat membantu pihak sekolah dalam menentukan siswa yang akan menerima beasiswa berdasarkan keriteria dan bobot yang ditentukan dari pihak SMA Muhammadiya Jarai

References

Maharsi, Sri pengaruh perkembangan teknologi informasi terhadap bidang akutansi manajemen, vol. 2, No.2, 2000.

Yogha Radhitya1, F. N. Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Beasiswa. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi , vol. 8, No 2, 2016.

Jamal Hadi Susanto, Permanan Ginting Munthe, Mba. penerapan assessment center untuk pemilihan. 2014

defit, d. n. (2017). multi criteria decision making (mcdm) pada sistem pendukung keputusan, 23-27.

Umum, P. (2004 :1).

Rosa A.S M.Shalahuddin .(2018). Rekayasa Perangkat Lunak. Dalam R. A. M.Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika Bandung, 43-44.

Abdul Kadir. (2014:34). Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Dalam A. Kadir, Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi.Yogyakarta: Andi.

Alexander F.K. Sibero. 2014. Web Programming Power Pack. Penerbit Mediakom. Yogyakarta.

Rosa A.S M.Shalahuddin .(2018). Rekayasa Perangkat Lunak. Dalam R. A. M.Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika Bandung, 23-30.

Nofriansyah, Diky. (2017) Multi Criteria Decision Making (Mcdm) Pada Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta, 33-37

Published
2019-10-08