PERANCANGAN SISTEM PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN PADA PERPUSTAKAAN SMK NEGERI MUARA BELITI MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY
Abstract
Perkembangan suatu perpustakaan dapat dilihat dari pelayanannya karena keberhasilan pelayanan merupakan tujuan yang ingin dicapai oleh perpustakaan. Dengan demikian perpustakaan harus menyedikan fasilitas sebaik mungkin seperti koleksi yang sesuai dengan kebutuhan siswa, agar siswa merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh perpustakaan.Akan tetapi perpustakaan SMK Negeri Muara Beliti kesulitan dalam mengetahui baik dan buruknya pelayanan yang diberikan terhadap siswanya, karena belum pernah dilakukannya pengukuran kualitas layanan pada perpustakaan SMK Negeri Muara Beliti sehingga pihak perpustakaan SMK Negeri Muara Beliti tidak mengetahui pelayanan-pelayanan apa saja yang harus ditingkatkan dan membutuhkan perbaikan.Untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut pihak perpustakaan SMK Negeri Muara Beliti memerlukan suatu sistem yang dapat melakukan pengukuran kualitas layanan dengan menerapkan metode sevice quality. Dimana pada metode tersebut menggunakan kuisioner dan terdapat 5 dimensi yaitu Tangibles (Bukti nyata), Reliability (Keandalan), Responsiveness (Daya Tanggap), Assurance (Jaminan), dan Emphaty (Empati) yang akan disesuaikan dengan pertanyaan yang akan dibuat dalam melakukan pengukuran kualitas layanan pada perpustakaan SMK Negeri Muara Beliti.Sistem ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai database.
References
Anggoro, dkk, 2015, Rancangan Bangun Sistem Informasi Simpan
Pinjam Guru dan Pegawai pada Koperasi SMK Manggala
Tangerang. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan
Komunikasi. pp.213-222.
Samsara, L., 2013, Inovasi Pelayanan Paspor di Kantor Imigrasi (
Studi Tentang Peningkatan Kualitas Pelayanan Surat Perjalanan
Republik Indonesia di Kantor Imigrasi Klas I Khusus Surabaya ),
(1), pp.6-15
Maulady, J. J., Damayani, N. A. dan Rodiah, S., 2017, Analisis
Tingkat Kualitas Jasa Layanan Di Perpustakaan dan Pusat
Informasi Ilmiah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas
Padjasjaran, Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan, 2(1).
Pp.17-26
Pramana, K., & Putra, D.,2019 ,Merancang Penilaian Autentik.
Bali : CV Media Educations.
Pratiwi Henny, 2016, Buku Ajar Sistem Pendukung Keputusan,
Samarinda : Depublish.
Relawan, N. dan Rahareng, V., 2017, The Influence Of The
Academic Service Quality Toward Student Satisfaction. Jurnal
AdBispreneur, 2(2), pp.125-133.
Rosa A.S and M. Shalahuddin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak.
Bandung : Informatika bandung.
Wahyudi., Ruliah & Yudihartanti., Y., 2016, Analisa Tingkat
Kualitas Pelayanan Diklat Prajabatan BKD Banjarbaru
Menggunakan Metode Servqual. Jutisi, 5(3).
Widaryono, 2016, Kualitas Layanan Perpustakaan SMK-PP Negeri
Kupang Dalam Perspektif Libqual. Jurnal perpustakaan
pertanian. Pp.55-62.
Yanto, Robi. 2016. Manajemen Basis Data Menggunakan
MySQL. CV Budi Utama.