PERANCANGAN SISTEM PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN PADA PERPUSTAKAAN SMK NEGERI MUARA BELITI MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY

  • Syafiul Hamidani, Veradilla Amalia, Jully Agustin Stmik bina nusantara jaya lubuklinggau

Abstract

Perkembangan suatu perpustakaan dapat dilihat dari pelayanannya karena keberhasilan pelayanan merupakan tujuan yang ingin dicapai oleh perpustakaan. Dengan demikian perpustakaan harus menyedikan fasilitas sebaik mungkin seperti koleksi yang sesuai dengan kebutuhan siswa, agar siswa merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh perpustakaan.Akan tetapi perpustakaan SMK Negeri Muara Beliti kesulitan dalam mengetahui baik dan buruknya pelayanan yang diberikan terhadap siswanya, karena belum pernah dilakukannya pengukuran kualitas layanan pada perpustakaan SMK Negeri Muara Beliti sehingga pihak perpustakaan SMK Negeri Muara Beliti tidak mengetahui pelayanan-pelayanan apa saja yang harus ditingkatkan dan membutuhkan perbaikan.Untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut pihak perpustakaan SMK Negeri Muara Beliti memerlukan suatu sistem yang dapat melakukan pengukuran kualitas layanan dengan menerapkan metode sevice quality. Dimana pada metode tersebut menggunakan kuisioner dan terdapat 5 dimensi yaitu Tangibles (Bukti nyata), Reliability (Keandalan), Responsiveness (Daya Tanggap), Assurance (Jaminan), dan Emphaty (Empati) yang akan disesuaikan dengan pertanyaan yang akan dibuat dalam melakukan pengukuran kualitas layanan pada perpustakaan SMK Negeri Muara Beliti.Sistem ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai database.

References

Anggoro, dkk, 2015, Rancangan Bangun Sistem Informasi Simpan

Pinjam Guru dan Pegawai pada Koperasi SMK Manggala

Tangerang. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan

Komunikasi. pp.213-222.

Samsara, L., 2013, Inovasi Pelayanan Paspor di Kantor Imigrasi (

Studi Tentang Peningkatan Kualitas Pelayanan Surat Perjalanan

Republik Indonesia di Kantor Imigrasi Klas I Khusus Surabaya ),

(1), pp.6-15

Maulady, J. J., Damayani, N. A. dan Rodiah, S., 2017, Analisis

Tingkat Kualitas Jasa Layanan Di Perpustakaan dan Pusat

Informasi Ilmiah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas

Padjasjaran, Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan, 2(1).

Pp.17-26

Pramana, K., & Putra, D.,2019 ,Merancang Penilaian Autentik.

Bali : CV Media Educations.

Pratiwi Henny, 2016, Buku Ajar Sistem Pendukung Keputusan,

Samarinda : Depublish.

Relawan, N. dan Rahareng, V., 2017, The Influence Of The

Academic Service Quality Toward Student Satisfaction. Jurnal

AdBispreneur, 2(2), pp.125-133.

Rosa A.S and M. Shalahuddin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak.

Bandung : Informatika bandung.

Wahyudi., Ruliah & Yudihartanti., Y., 2016, Analisa Tingkat

Kualitas Pelayanan Diklat Prajabatan BKD Banjarbaru

Menggunakan Metode Servqual. Jutisi, 5(3).

Widaryono, 2016, Kualitas Layanan Perpustakaan SMK-PP Negeri

Kupang Dalam Perspektif Libqual. Jurnal perpustakaan

pertanian. Pp.55-62.

Yanto, Robi. 2016. Manajemen Basis Data Menggunakan

MySQL. CV Budi Utama.

Published
2020-03-17