Penerapan Teknik Stop Motion Pada Pembelajaran Interaktif Makhrajul Huruf Hijaiyah

  • Muhammad Marzuki Lubis Universitas Harapan Medan
  • Ilham Faisal Universitas Harapan Medan
  • Sarudin Universitas Harapan Medan
Keywords: Multimedia, Stop motion, Makhrajul huruf, Interaktif

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun aplikasi pembelajaran makhrajul huruf dan  menerapkan teknik stop motion dalam media pembelajaran makhrajul huruf. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Pengembangan aplikasi ini menggunakan metode ASSURE dengan Teknik stop motion. Hasil penelitian adalah aplikasi media pembelajaran makhrajul huruf yang menunjukkan bahwa pengguna merespon positif terhadap penggunaan animasi stop motion, dengan tingkat motivasi yang lebih tinggi dalam belajar makhrajul huruf hijaiyyah. Animasi stop motion berhasil menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih menyenangkan dan mengurangi tingkat kebosanan yang mungkin muncul dalam pembelajaran tradisional. Dengan menggunaan animasi stop motion, proses pembelajaran menjadi lebih menarik, visual, dan interaktif, yang dapat membantu pengguna memahami dengan lebih baik cara mengucapkan huruf-huruf hijaiyyah.

References

[1] Sarudin dan Dharmawati, "Penggunaan Metode Al-Basith Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Quran Di Desa Tongkoh Berastagi", Wahana Inovasi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian masyarakat UISU, vol. 8, no. 12, p. 195, 2019.
[2] Mujahidin, E., Daudin, A., Nurkholis, I. I., & Ismail, W, M, “Tahsin Al-Qur’an untuk dewasa dalam perspektif Islam”, Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, vol. 14, no. 1, pp. 2549 – 7146, 2020.
[3] Hariansyah, W. P. dkk, Y. H. Siregar, “Pengembangan Aplikasi PILARIYYAH untuk Membantu Memudahkan Siswa SD dalam Mempelajari Huruf Hijaiyyah dan Makharijul Huruf”, Journal on Education, vol. 5, no. 4, 2023.
[4] Pulungan Sahmiar dan Dharmawati, "Pembelajaran Tajwid Bagi Anak Berbasis Teknologi Informasi", Jurnal Berdikari, vol. 9, no. 1, pp. 69-75, 2020.
[5] Hadi dkk, “Aplikasi Media Pembelajaran Ilmu Tajwid Dalam Mengucapkan Makharijul Huruf Hijaiyah”, e-jurnal.stkip-pessel, vol. 2, no. 1, pp. 502-6445, 2017.
[6] Purwanto nfn, "Tujuan Pendidikan Dan Hasil Belajar: Domain Dan Taksonomi. Jurnal Teknodik, vol. 9, no. 14, pp. 146–164, 2019
[7] Dwi L, "Teknik Animasi 2D & 3D", Jakarta: SMK ISLAM PB.SOEDIRMAN 1, 2020
[8] Dwi Sandyka, I Made Putrama, D. G. H. D, "Kombinasi Animasi Stop Motion , 2 Dimensi Dan Infografis Dalam Media Pembelajaran IPA Materi Gaya", Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 9(5), 1–8, 2020
[9] Sudiarjo, A. dkk, "Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid, Waqaf danMakharijulHuruf Berbasis Android", Jurnal Sisfotek Global, vol. 5 no. 2, 2015
[10] Hasanah. U dkk, “Peningkatan Kemampuan Membaca Al Qur’an Melalui Pengenalan Makhorijul Huruf Pada Anak Menggunakan Metode Sorogan”, Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan, vol. 6, no. 2, 2020
[11] R. Louis Bright & Hendrik D. Gideonse, “Research and Development Strategies; The Current Scene”, The Journal of Experimental Education, Vol. 37, No.1, 2015
[12] Smaldino, S., Lowther, D., Mims, C., & Russell, J, Instructional Technology and Media for Learning (12th ed.). Pearson. ISBN-13: 978-0134287485, 2018
Published
2023-10-24